Caruban - Mahasiswa KKN Memberikan Edukasi Tentang Stunting dan Covid-19

Mahasiswa KKN Memberikan Edukasi Tentang Stunting dan Covid-19

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu progam kerja utama dari mahasiswa anggota KKN desa Caruban, bertujuan untuk mengedukasi tentang bahaya dari penularan Covid 19. Meskipun dalam beberapa waktu kebelakang kasus pemaparan Covid 19 di Jawa Tengah sendiri mengalami penurunan, hal ini bisa dilihat melalui laman resmi website penanggulangan Covid 19 Jawa Tengah di https://corona.jatengprov.go.id/v2. Akan tetapi masyarakat desa Caruban tetap dihimbau untuk memperhatikan pola hidup sehat dan bersih agar mampu menekan pemaparan covid 19 semakin meluas.

Progam kerja ini menurut mahasiswa anggota KKN sangat penting, dimana dalam beberapa tahun belakangan Covid 19 ini muncul dengan berbagai macam varian virus baru, seperti Omicron, B117. Seperti yang kita ketahui masyarakat luas pun belum sepenuhnya mengerti tentang varian terbaru dari Covid 19, maka mahasiswa KKN Caruban mempunyai siasat untuk mengedukasi kepada masyarakat khususnya masyarakat desa Caruban tentang bahaya dari mutasi varian terbaru Covid 19 melalui progam kerja ini. Kesempatan ini digunakan mahasiswa anggota KKN untuk menerangkan tentang varian terbaru dari Covid 19 yaitu Omicron dan B117 dimana para mahasiswa anggota KKN menerangkan tentang pertama kalinya muncul virus hingga bahaya yang ditimbulkan oleh virus-virus tersebut.

Tak lupa mahasiswa KKN juga menerangkan tentang cara bagaimana menekan agar pemaparan Covid 19 tidak semakin meluas dengan cara pola hidup sehat seperti selalu mencuci tangan setelah beraktifitas, membersihkan setiap barang yang akan digunakan, menghindari menyentuh area tubuh seperti hidung, mulut, mata dengan tangan yang belum dicuci, menggunakan masker jika sakit dan segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat, mengkonsumsi makanan sehat dan rutiin berolahraga agar menjaga imunitas badan tetap sehat, menerapkan etika batuk dengan cara menutup hidung dan mulut serta jangan meludah sembarangan.

Selain mengedukasi bahaya Covid 19 mahasiswa KKN Caruban juga mengedukasi masyarakat sekitar tentang stunting yaitu masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang, sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Hal ini bertujuan agar warga desa Caruban lebih memperhatikan tentang asupan gizi pada anaknya dan terhindar dari masalah stunting.


Dipost : 29 November 2022 | Dilihat : 469

Share :
s