Caruban - Mahasiswa KKN Mengikuti PKK Desa Caruban Dan Pembuatan Produk Dari Barang Bekas (Recycle)

Mahasiswa KKN Mengikuti PKK Desa Caruban Dan Pembuatan Produk Dari Barang Bekas (Recycle)

Kegiatan PKK di Desa Caruban meliputi Kewirausahaan, Parenting (Pola Asuh Anak), Hoax, Stunting dan Covid-19. Untuk kegiatan kewirausahaan mahasiswa KKN membagikan ilmu (sharing) kepada Ibu PKK Desa Caruban yang bertempat di Balai Desa Caruban. Kewirausahaan yaitu kerajinan tempat pensil dari botol bekas dan tusuk sate, selain itu juga mahasiswa anggota KKN mempraktekkan langkah-langkah cara pembuatan tempat pensil dalam waktu itu juga.

Kegiatan PKK selanjutnya pada tanggal 14 November 2022 di dukuh Krajan yang membahas tentang Parenting (pola asuh), Parenting Anak & Prinsip Parenting Pengembangan Karakter – Peran orang tua sangat berkaitan sekali dengan perkembangan anak dari mulai lahir hingga tumbuh kembang dewasa untuk menanamkan moral dan etika, juga bekal anak di masa depan yang akan datang. Perubahan pola pikir anak pun sebaiknya orang tua selalu mengawasi tumbuh kembangnya,sehingga anak mulai terlatih dari kecil untuk melakukan kebiasaan baik di masyarakat. Mahasiswa anggota KKN saling sharing dan berdiskusi yang menyangkut tentang pola asuh anak di Desa Caruban. Dari hasil sharing dan diskusi dapat simpulkan bahwa pola asuh anak sangat penting, agar anak mampu tumbuh dan berkembang seperti pada umumnya.

Kegiatan PKK selanjutnya pada tanggal 15 November 2022 di Gentungsari yang membahas tentang Stunting. Mahasiswa anggota KKN dalam hal ini hanya sharing mengenai stunting, karena diketahui bahwa stunting menjadi agenda dan kasus yang harus segera diselesaikan. Sedikit pemaparan mengenai materi stunting agar kasus ini tidak bertambah dan berdampak buruk bagi masyarakat. Di desa Caruban sendiri kasus stunting tidak begitu banyak, namun meskipun begitu tetap menjadi perhatian penting bagi pemerintah desa Caruban.

Kegiatan PKK selanjutnya pada tanggal 16 November 2022 di Pandaksari yang membahas tentang Hoax. Mahasiswa anggota KKN yang hadir juga membagi ilmunya, agar masyarakat desa Caruban khususnya dusun Pandaksari lebih cerdas untuk memilah dan memilih berita mana yang seharusnya diterima, dan Jika tidak ada kehati-hatian, pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah. Lalu bagaimana caranya agar tak terhasut, dan Kesimpulan dari kegiatan PKK kali ini adalah bahwa pentingnya sharing dan diskusi tentang adanya berita hoax mampu mengantisipasi kejahatan dimedia sosial ataupun kegiatan sehari-hari dan menerangkan langkah mengantisipasi berita hoax.

Kegiatan PKK selanjutnya pada tanggal 19 November 2022 di Tegalsari yang membahas stunting dan covid. Dalam memamparkan stunting dan covid kami mahasiswa KKN menambahkan sedikit ilmu yang bertujuan mengingatkan ke masyarakat karena kasus covid sekarang sudah naik. Selain itu untuk yang stunting juga mengingatkan dan kami mahasiswa KKN menempel poster stunting dan covid dibeberapa gang.


Dipost : 29 November 2022 | Dilihat : 813

Share :
s